pertanyaan dan saran ttg jalan

Moderators: Unholy, trev1881, kukimonsta, ci2212

Re: pertanyaan dan saran ttg jalan

Postby trev1881 » Fri Apr 05, 2013 1:20 pm

panglimakumbang wrote:ikut nimbrung ya.
kalolah ada fasilitas pin di forum ini, saya pikir moderator perlu mem-pin topik ini, supaya tidak ada lagi pertanyaan deja vu, dan wazer baru bisa seragam mengikuti aturan menyunting peta.


Bro panglimakumbang.
Topik yang anda maksud sudah ada pada bagian "announcements"
Dikarenakan topik ini dirasa cukup bermanfaat, untuk sementara saya pindahkan juga ke
"General Announcements" Indonesia country forum.

Terima Kasih usulannya.

:p
Image
Country Manager & Forum Moderator for Indonesia
iOS 9.0.2 - OSX 10.11.6
trev1881
Waze Local Champs
Waze Local Champs
 
Posts: 118
Joined: Fri May 07, 2010 2:57 am
Location: Republic of Indonesia
Has thanked: 22 times
Been thanked: 124 times

Re: pertanyaan dan saran ttg jalan

Postby trev1881 » Thu Mar 21, 2013 9:48 pm

HS-168 wrote:Salam..
Para pengguna waze dan editor.
Seperti sudah saya tulis di topik yang lain, bersama ini saya mohon penjelasan ttg jenis jalan yang ada dalam waze, seperti major highway, minor highway, primary street, street, road, private road dsb. Karena saat ini di Indonesia tidak mengenal jenis jalan seperti itu. Saya coba lihat dan sesuaikan dg UU lalu lintas angkutan jalan, tp nggak nyambung.
Seperti contoh berikut : jalan di daerah kompleks tertutup bukanlah jalan umum, sehingga saya mencoba mengedit jalan dikompleks saya dengan mengkatagorikan private road. namun mungkin ada yang mengubah kembali menjadi "street". Tentunya hal ini menjadi rancu krn padanan dari street atau road adalah jalan, sedangkan jalanan di dalam kompleks tertutup adalah bukan jalan umum. jalan kompleks dapat menjadi jalan umum jika jalan tsb sdh dilalui oleh lalu lintas umum dan dibiayai oleh pemerintah. Lalu bagaimana dengan gang atau lorong ?
Demikian pula dengan jalan lain. spt contoh jalan Adhyaksa di daerah Karang Tengah Raya jakarta selatan. Jalan itu termasuk kategori Primary street di mana padanan katanya adalah "jalan utama", apakah memang jalan adhyaksa yang dulunya hanya merupakan jalan kompleks itu layak jadi primary street / jalan utama ?

Saya menyarankan, bagaimana jika kita menggunakan sistem jalan yang ada di Indonesia saja, sehingga tidak menyulitkan bagi pengguna waze lain yang ingin mengedit jalan disekitarnya atau jalan yang sdh dipahami benar karena sering dilalui. Ada satu hal yg lain dr sistem jalan di negara lain yaitu di Indonesia ada sistem kelas jalan. Kelas jalan inilah yang juga digunakan untuk menentukan hak prioritas kendaraan, terutama jika ada kecelakaan lalu lintas.

Demikian saran, sekiranya ada tanggapan, diucapkan terima kasih.

HS-168

Dear wazer HS-168

Terima kasih atas saran-saran anda tersebut.:)

Perlu juga anda ketahui bahwa garis besar tentang penggunaan dan pengkategorian jalan pada waze telah terangkum secara umum, dimana rangkuman tersebut bersumber dari wiki waze, pelbagai waze country forum maupun peta yang telah dihasilkan oleh beberapa editor dimulai dari saat Indonesia tidak memiliki jalan sama sekali hingga penampakan peta yang ada pada saat ini.
Proses penerapannya telah melalui adaptasi panjang untuk disesuaikan dan diterapkan pada kondisi ruas jalan di Indonesia.

Anda dapat membacanya disini: viewtopic.php?f=154&t=37235

Selama 3 tahun terakhir ini para editor waze di Indonesia telah menerapkannya dan sedikit banyak telah membantu proses bernavigasi pada waze walaupun terdapat beberapa kekurangan di sana sini.

Kondisi segmen atau ruas jalan pada waze sedikit berbeda dengan program Navigasi lainnya seperti: Garmin, Sygic, OviMaps, Tomtom sampai pada peta berbasis komunitas lainnya seperti Navigasi(dot)net maupun Openstreetmap dll. Setiap ruas jalan (drivable) pada waze menyimpan data-data penting seperti:
*rata-rata kecepatan (km/Mph) setiap arah,
*gps points records
*soft/hard restriction
*dll
Dimana kesemuanya sangat berperan untuk menentukan arah routing dan live traffic info secara real-time. Data-data tersebut selalu ada walaupun kondisi jalan tersebut tidak sedang dilalui. Perbedaan signifikan juga terlihat pada penerapan Landmark/POI serta pemutakhirkan peta secara harian yang merupakan ciri khas pada aplikasi waze ini.

Fokus utama Waze Map adalah Routing disertai dengan Interaksi sosial. Penerapan Routing pada waze memerlukan beberapa kriteria dan batasan khusus agar proses navigasi bisa berjalan. Dan terkadang Jika diterjemahkan secara bebas (sesuai dengan "padanan kata"), pengkategorian Waze road dengan kondisi/penerapan di lapangan agak atau terkadang berbeda, -sekali lagi- agar proses routing pada navigasi dapat berjalan dengan baik. Ada beberapa kategori yang dapat dipergunakan routing dan ada juga yang tidak. Salah satunya adalah private road seperti yang anda maksudkan. Beberapa editor mungkin mengganti private road tersebut dengan kategori street ataupun service road agar dapat dipergunakan routing. Pertimbangannya adalah jalan pada suatu komplek/cluster perumahan tidak hanya dilalui/dimiliki oleh satu orang atau beberapa individu saja.

Jika kita mengklasifikasikan secara harafiah kondisi Jalan di Indonesia sesuai dengan UU no 38 tahun 2004 langsung pada peta waze ataupun sebaliknya -kriteria baku kategori waze diterapkan pada kondisi jalan di Indonesia-, maka mayoritas ruas jalan di Indonesia akan bersifat statis saja dengan kata lain dapat dilalui tetapi tidak dapat dipergunakan bernavigasi. Ada beberapa fungsi Interaksi sosial yang dapat diterapkan Hanya pada saat proses Navigasi berlangsung seperti status sharing maupun foursquare checkin dll. Beberapa editor senior sudah sangat memahami sifat dinamis waze ini berdasarkan pengalaman mereka saat bernavigasi.
Sifat dinamis inilah juga yang juga memungkinkan suatu ruas jalan untuk "turun ataupun naik pangkat" berdasarkan trafik penggunanya dan bukan berdasarkan kondisi historis atas jalan tersebut.

Tidak hanya Indonesia saja yang melakukan "pengadaptasian" tersebut, editor-editor di negara lain pun juga melakukan hal yang sama, mungkin hanya Amerika dan beberapa negara saja yang menerapkan secara murni pengkategorian Waze map tersebut.
Anda bisa membandingkan sendiri pengaplikasian waze pada negara Amerika dan Inggris baik jalan ataupun POI yang agak berbeda antara satu dengan yang lainnya.

Pengkategorian itu Penting, tetapi Proses Routing saat bernavigasi jauh lebih penting dari pengkategorian itu sendiri.

demikian, semoga membantu...
:)

trev
Image
Country Manager & Forum Moderator for Indonesia
iOS 9.0.2 - OSX 10.11.6
trev1881
Waze Local Champs
Waze Local Champs
 
Posts: 118
Joined: Fri May 07, 2010 2:57 am
Location: Republic of Indonesia
Has thanked: 22 times
Been thanked: 124 times

Re: pertanyaan dan saran ttg jalan

Postby taufikkadek » Fri May 17, 2013 5:44 pm

jindol wrote:Utamakan routing yg benar, bukan tampilan.

bener2 mencerahkan

emm.. U turn-nya dihijaukan, begitu maksudnya bukan? siip...

thanks bro jindol yang mulai duluan :)
Just wanna participate
taufikkadek
Area Manager
Area Manager
 
Posts: 18
Joined: Tue Apr 30, 2013 8:15 am
Location: Bangkalan
Has thanked: 7 times
Been thanked: 0 time

Re: pertanyaan dan saran ttg jalan

Postby taufikkadek » Fri May 17, 2013 2:59 am

Dear senior,

Saya punya gambar jalan:

Image

jalan tersebut ada di sini:

https://world.waze.com/editor/?lon=112.74899&lat=-7.02945&zoom=7&layers=BFFFFTTTTTTTFTTTTTTTTTTFT

Jalan seperti di url ini banyak sekali kita temui dikota-kota, termasuk di kota saya Bangkalan (spt dlm gambar). secara fisik, jalan tersebut terdiri dari 1 badan jalan yang lebar, dengan dua arah, dimana dua arah ini dipisahkan oleh separator beton yang relatif kecil namun permanen.

Saya ingin minta saran senior, bagaimana penerapan jalan dan direction-nya:
1. Satu jalan untuk satu direction (sehingga ada dua jalan), atau
2. Satu jalan untuk dua direction

maap atas pertanyaannya, cuma pengen sempurna saja :) :)
Terimakasi...
Last edited by trev1881 on Fri May 17, 2013 8:49 am, edited 1 time in total.
Reason: edited [url] to [img]
Just wanna participate
taufikkadek
Area Manager
Area Manager
 
Posts: 18
Joined: Tue Apr 30, 2013 8:15 am
Location: Bangkalan
Has thanked: 7 times
Been thanked: 0 time

Re: pertanyaan dan saran ttg jalan

Postby PanglimaKumbang » Thu Mar 28, 2013 2:34 am

ikut nimbrung ya.
kalolah ada fasilitas pin di forum ini, saya pikir moderator perlu mem-pin topik ini, supaya tidak ada lagi pertanyaan deja vu, dan wazer baru bisa seragam mengikuti aturan menyunting peta.
ImageImage
PanglimaKumbang
 
Posts: 22
Joined: Mon Jan 31, 2011 3:50 am
Location: Bandung, ID
Has thanked: 11 times
Been thanked: 6 times

Re: pertanyaan dan saran ttg jalan

Postby kukimonsta » Tue Apr 23, 2013 3:01 am

Halo. Ikutan nimbrung yah.

Soal Private Road, saya sih setuju dengan saudara jindol, soalnya definisi Waze soal Private Road itu ada gated community dll. Lagian kalo kita mo shortcut lewat gated community, kemungkinan daerah2 tersebut ada satpamnya, dan bukannya malah ribet yah shortcutnya.

Terus saya mau nanya juga: Kalo jalan kecil (1 mobil), tapi 2 arah, apakah itu sebaiknya dijadikan Private Road/Boardwalk yah? Soalnya saya sering kalo lagi ngedrive di daerah Kemanggisan (Jakarta), dikasih route jalan yang 1 mobil aja sempit banget, jadinya agak useless dan ridiculous kalo dijalanin juga.

Mungkin hal ini pernah dibahas di forum, tapi karena baru login di forum pertama kali, mungkin saya gak aware. Kalo udah pernah, sorry kalo dibahas ulang.
Image
CM: Indonesia, Timor-Leste / Global Champ
AM: Tangerang (+Selatan), Jakarta Barat/Utara
My role in Waze Indonesia is like Durian: You either like me, or you hate me big time!
iPhone 6s Plus | Waze Beta (Giving Up Tracking the Release #) | iOS 11.x Beta | Waze Indonesia Wiki https://wazeopedia.waze.com/wiki/Indonesia
kukimonsta
Wiki Master
Wiki Master
 
Posts: 865
Joined: Thu Feb 28, 2013 7:56 am
Location: Indonesia
Has thanked: 42 times
Been thanked: 257 times

Re: pertanyaan dan saran ttg jalan

Postby jindol » Sat May 18, 2013 2:08 am

taufikkadek wrote:emm.. U turn-nya dihijaukan, begitu maksudnya bukan? siip...


Dihijaukan ditempat2 U-turn yg benar tentunya

HTH,
---
I know where we are ... we are lost ...
jindol
Localizers
Localizers
 
Posts: 73
Joined: Thu Jun 14, 2012 6:52 am
Location: Indonesia
Has thanked: 18 times
Been thanked: 22 times

Re: pertanyaan dan saran ttg jalan

Postby jindol » Fri May 17, 2013 3:56 am

IMO, opsi 2. Lebih efisien dan mudah pemeliharaan (a.l. jumlah node/segmen minimum). Manfaatkan opsi U-turn.

Utamakan routing yg benar, bukan tampilan.

CMIIW, HTH,

PS: Bukan senior, hanya mulai duluan saja ...
---
I know where we are ... we are lost ...
jindol
Localizers
Localizers
 
Posts: 73
Joined: Thu Jun 14, 2012 6:52 am
Location: Indonesia
Has thanked: 18 times
Been thanked: 22 times

Re: pertanyaan dan saran ttg jalan

Postby jindol » Thu Apr 25, 2013 7:35 am

Sama pengalaman dengan saya, sering dapet routing jalan2 sempit, bingung juga. Malahan pernah dapet routing lewat gang yang g bisa dilewatin mobil (padahal mobil saya sudah ukuran XS) :P.
Sayangnya waze masih belum memberi opsi 'narrow-road'. Setau saya, juga, kalo jalan tidak bisa dilewati mobil, sebaiknya tidak dimasukkan ke waze map krn hanya jadi beban tambahan.
---
I know where we are ... we are lost ...
jindol
Localizers
Localizers
 
Posts: 73
Joined: Thu Jun 14, 2012 6:52 am
Location: Indonesia
Has thanked: 18 times
Been thanked: 22 times

Re: pertanyaan dan saran ttg jalan

Postby jindol » Wed Mar 27, 2013 4:10 pm

AFAIK ... ttg private road, sempat baca penjelasan di waze kalau jalan itu tertutup (dalam artian punya gate) sehingga tidak sembarang yg bisa lewat. Kalo dlmfungsi navigasi, private road tidak akan dipakai untuk routing umumnya (utk yg hanya lewat) tapi memungkinkan bila jadi tujuan. Jadi saya rasa tidak perlu khawatir kalau penghuni daerah tsb tidak bisa routing keluar/masuk ... Mnrt saya tidak semua cluster bisa dimasukkan private road.
Kasus yg mirip untuk parking road yg dalam routing akan di-'discourage' oleh waze dengan memberi semacam penalti waktu tambahan shg kurang efisien untuk 'potong kompas' ... kecuali di Batam mungkin, krn di sana banyak lahan parkir terbuka yg sering dijadikan jalan potong utk menghindari traffic light

HTH,
---
I know where we are ... we are lost ...
jindol
Localizers
Localizers
 
Posts: 73
Joined: Thu Jun 14, 2012 6:52 am
Location: Indonesia
Has thanked: 18 times
Been thanked: 22 times

Next

Return to Archive

Who is online

Users browsing this forum: No registered users