Get a sneak peek at whats next for Permanent Hazards on our April 7th Office Hours!
Post by PanglimaKumbang
ikut nimbrung ya.
kalolah ada fasilitas pin di forum ini, saya pikir moderator perlu mem-pin topik ini, supaya tidak ada lagi pertanyaan deja vu, dan wazer baru bisa seragam mengikuti aturan menyunting peta.
PanglimaKumbang
Posts: 42
Has thanked: 19 times
Been thanked: 12 times
Send a message

Post by taufikkadek
Dear senior,

Saya punya gambar jalan:

http://farm8.staticflickr.com/7008/6812 ... c09a_z.jpg

jalan tersebut ada di sini:

https://world.waze.com/editor/?lon=112. ... TTTTTTTTFT

Jalan seperti di url ini banyak sekali kita temui dikota-kota, termasuk di kota saya Bangkalan (spt dlm gambar). secara fisik, jalan tersebut terdiri dari 1 badan jalan yang lebar, dengan dua arah, dimana dua arah ini dipisahkan oleh separator beton yang relatif kecil namun permanen.

Saya ingin minta saran senior, bagaimana penerapan jalan dan direction-nya:
1. Satu jalan untuk satu direction (sehingga ada dua jalan), atau
2. Satu jalan untuk dua direction

maap atas pertanyaannya, cuma pengen sempurna saja :) :)
Terimakasi...
taufikkadek
Area Manager
Area Manager
Posts: 20
Has thanked: 9 times
Send a message
Last edited by trev1881 on Fri May 17, 2013 8:49 am, edited 1 time in total.
Reason: edited [url] to [img]
Just wanna participate

Post by taufikkadek
jindol wrote: Utamakan routing yg benar, bukan tampilan.
bener2 mencerahkan

emm.. U turn-nya dihijaukan, begitu maksudnya bukan? siip...

thanks bro jindol yang mulai duluan :)
taufikkadek
Area Manager
Area Manager
Posts: 20
Has thanked: 9 times
Send a message
Just wanna participate

Post by trev1881
HS-168 wrote:Salam..
Para pengguna waze dan editor.
Seperti sudah saya tulis di topik yang lain, bersama ini saya mohon penjelasan ttg jenis jalan yang ada dalam waze, seperti major highway, minor highway, primary street, street, road, private road dsb. Karena saat ini di Indonesia tidak mengenal jenis jalan seperti itu. Saya coba lihat dan sesuaikan dg UU lalu lintas angkutan jalan, tp nggak nyambung.
Seperti contoh berikut : jalan di daerah kompleks tertutup bukanlah jalan umum, sehingga saya mencoba mengedit jalan dikompleks saya dengan mengkatagorikan private road. namun mungkin ada yang mengubah kembali menjadi "street". Tentunya hal ini menjadi rancu krn padanan dari street atau road adalah jalan, sedangkan jalanan di dalam kompleks tertutup adalah bukan jalan umum. jalan kompleks dapat menjadi jalan umum jika jalan tsb sdh dilalui oleh lalu lintas umum dan dibiayai oleh pemerintah. Lalu bagaimana dengan gang atau lorong ?
Demikian pula dengan jalan lain. spt contoh jalan Adhyaksa di daerah Karang Tengah Raya jakarta selatan. Jalan itu termasuk kategori Primary street di mana padanan katanya adalah "jalan utama", apakah memang jalan adhyaksa yang dulunya hanya merupakan jalan kompleks itu layak jadi primary street / jalan utama ?

Saya menyarankan, bagaimana jika kita menggunakan sistem jalan yang ada di Indonesia saja, sehingga tidak menyulitkan bagi pengguna waze lain yang ingin mengedit jalan disekitarnya atau jalan yang sdh dipahami benar karena sering dilalui. Ada satu hal yg lain dr sistem jalan di negara lain yaitu di Indonesia ada sistem kelas jalan. Kelas jalan inilah yang juga digunakan untuk menentukan hak prioritas kendaraan, terutama jika ada kecelakaan lalu lintas.

Demikian saran, sekiranya ada tanggapan, diucapkan terima kasih.

HS-168
Dear wazer HS-168

Terima kasih atas saran-saran anda tersebut.:)

Perlu juga anda ketahui bahwa garis besar tentang penggunaan dan pengkategorian jalan pada waze telah terangkum secara umum, dimana rangkuman tersebut bersumber dari wiki waze, pelbagai waze country forum maupun peta yang telah dihasilkan oleh beberapa editor dimulai dari saat Indonesia tidak memiliki jalan sama sekali hingga penampakan peta yang ada pada saat ini.
Proses penerapannya telah melalui adaptasi panjang untuk disesuaikan dan diterapkan pada kondisi ruas jalan di Indonesia.

Anda dapat membacanya disini: http://world.waze.com/forum/viewtopic.php?f=154&t=37235

Selama 3 tahun terakhir ini para editor waze di Indonesia telah menerapkannya dan sedikit banyak telah membantu proses bernavigasi pada waze walaupun terdapat beberapa kekurangan di sana sini.

Kondisi segmen atau ruas jalan pada waze sedikit berbeda dengan program Navigasi lainnya seperti: Garmin, Sygic, OviMaps, Tomtom sampai pada peta berbasis komunitas lainnya seperti Navigasi(dot)net maupun Openstreetmap dll. Setiap ruas jalan (drivable) pada waze menyimpan data-data penting seperti:
*rata-rata kecepatan (km/Mph) setiap arah,
*gps points records
*soft/hard restriction
*dll
Dimana kesemuanya sangat berperan untuk menentukan arah routing dan live traffic info secara real-time. Data-data tersebut selalu ada walaupun kondisi jalan tersebut tidak sedang dilalui. Perbedaan signifikan juga terlihat pada penerapan Landmark/POI serta pemutakhirkan peta secara harian yang merupakan ciri khas pada aplikasi waze ini.

Fokus utama Waze Map adalah Routing disertai dengan Interaksi sosial. Penerapan Routing pada waze memerlukan beberapa kriteria dan batasan khusus agar proses navigasi bisa berjalan. Dan terkadang Jika diterjemahkan secara bebas (sesuai dengan "padanan kata"), pengkategorian Waze road dengan kondisi/penerapan di lapangan agak atau terkadang berbeda, -sekali lagi- agar proses routing pada navigasi dapat berjalan dengan baik. Ada beberapa kategori yang dapat dipergunakan routing dan ada juga yang tidak. Salah satunya adalah private road seperti yang anda maksudkan. Beberapa editor mungkin mengganti private road tersebut dengan kategori street ataupun service road agar dapat dipergunakan routing. Pertimbangannya adalah jalan pada suatu komplek/cluster perumahan tidak hanya dilalui/dimiliki oleh satu orang atau beberapa individu saja.

Jika kita mengklasifikasikan secara harafiah kondisi Jalan di Indonesia sesuai dengan UU no 38 tahun 2004 langsung pada peta waze ataupun sebaliknya -kriteria baku kategori waze diterapkan pada kondisi jalan di Indonesia-, maka mayoritas ruas jalan di Indonesia akan bersifat statis saja dengan kata lain dapat dilalui tetapi tidak dapat dipergunakan bernavigasi. Ada beberapa fungsi Interaksi sosial yang dapat diterapkan Hanya pada saat proses Navigasi berlangsung seperti status sharing maupun foursquare checkin dll. Beberapa editor senior sudah sangat memahami sifat dinamis waze ini berdasarkan pengalaman mereka saat bernavigasi.
Sifat dinamis inilah juga yang juga memungkinkan suatu ruas jalan untuk "turun ataupun naik pangkat" berdasarkan trafik penggunanya dan bukan berdasarkan kondisi historis atas jalan tersebut.

Tidak hanya Indonesia saja yang melakukan "pengadaptasian" tersebut, editor-editor di negara lain pun juga melakukan hal yang sama, mungkin hanya Amerika dan beberapa negara saja yang menerapkan secara murni pengkategorian Waze map tersebut.
Anda bisa membandingkan sendiri pengaplikasian waze pada negara Amerika dan Inggris baik jalan ataupun POI yang agak berbeda antara satu dengan yang lainnya.

Pengkategorian itu Penting, tetapi Proses Routing saat bernavigasi jauh lebih penting dari pengkategorian itu sendiri.

demikian, semoga membantu...
:)

trev
trev1881
Waze Local Champs
Waze Local Champs
Posts: 118
Has thanked: 15 times
Been thanked: 132 times
Send a message
https://i1278.photobucket.com/albums/y5 ... a7ae8d.png
Country Manager & Forum Moderator for Indonesia
iOS 9.0.2 - OSX 10.11.6

Post by trev1881
panglimakumbang wrote:ikut nimbrung ya.
kalolah ada fasilitas pin di forum ini, saya pikir moderator perlu mem-pin topik ini, supaya tidak ada lagi pertanyaan deja vu, dan wazer baru bisa seragam mengikuti aturan menyunting peta.
Bro panglimakumbang.
Topik yang anda maksud sudah ada pada bagian "announcements"
Dikarenakan topik ini dirasa cukup bermanfaat, untuk sementara saya pindahkan juga ke
"General Announcements" Indonesia country forum.

Terima Kasih usulannya.

:p
trev1881
Waze Local Champs
Waze Local Champs
Posts: 118
Has thanked: 15 times
Been thanked: 132 times
Send a message
https://i1278.photobucket.com/albums/y5 ... a7ae8d.png
Country Manager & Forum Moderator for Indonesia
iOS 9.0.2 - OSX 10.11.6