Locked

2nd Indonesian Wazers Meetup

Post by ci2212
Dear WAZERS INDONESIA, 10 hari lagi Meetup kedua alias Kopdar Wazer Indonesia yang ditunggu-tunggu akan segera hadir! Meetup akan diadakan pada hari yang sama dengan talkshow buku Waze: Hate Traffic? So Do We. Adapun time and place untuk Meetup ini adalah:

Waktu: Hari Jumat, 30 Mei 2014, jam 18:30 - selesai
Lokasi: Resto. Pondok Laguna, Parkir Timur Senayan
Depan Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta
Acara: Makan Malam, Silaturahmi dan Koalisi :lol:

Pertemuan ini akan difasilitasi oleh Komunitas Wazer Indonesia dan Penerbit Volume Ilmu. Kami mengundang semua Wazer yang sudah terdaftar di https://www.waze.com/ untuk hadir pada acara talkshow dan pertemuan ini agar kita semua dapat saling kenal dan bisa membahas apapun perihal per-Waze-an di Indonesia. You donot have to prepare anything, just come with good enthusiasm. ;) Silakan catat harinya JUMAT, 30 MEI 2014, Parkir Timur Senayan. Sampai Bertemu di Meetup!
ci2212
Waze Global Champs
Waze Global Champs
Posts: 1397
Has thanked: 189 times
Been thanked: 342 times

POSTER_ID:12686390

1

Send a message

Waze GC: INDONESIA

Post by ajiKambas
coba ada dokumentasi video yang di taro di yuk tum, eh YouTube, biar yang ga hadir bisa menyaksikan juga dan tentu mendapat pelajaran baru dari meetup tersebut (dan juga tahu penampakan para sesepuh forum Waze XD ). CMIIW
ajiKambas
Posts: 38
Has thanked: 15 times
Been thanked: 3 times
Send a message

Post by ci2212
Bagi para Wazer yang ingin ikut acara ini, harap kunjungi laman Facebook Waze Indonesia dan LIKE lamannya dan klik GOING pada page EVENT Kopdar yang telah dibuat. Sampai bertemu!
ci2212
Waze Global Champs
Waze Global Champs
Posts: 1397
Has thanked: 189 times
Been thanked: 342 times
Send a message

Waze GC: INDONESIA

Post by ci2212
Karena cuaca Jakarta yang tidak mendukung pada hari Jumat, tanggal 30 Mei kemarin, kopdar kami tunda. Sekiranya lancar, kopdar akan diadakan di kota lain pada bulan Juni juga. Tunggu beritanya sebentar lagi :)
ci2212
Waze Global Champs
Waze Global Champs
Posts: 1397
Has thanked: 189 times
Been thanked: 342 times
Send a message

Waze GC: INDONESIA

Post by ci2212
Meetup sudah terjadwal kembali! Kali ini akan lebih meriah diadakan pada tanggal 21 Juni, jam 14:00-17:00 lokasi It's Coffee, Jalan Raya Magelang, Yogyakarta. Bagi teman2 dari luar kota yang mau liburan ke Yogja monggo atur jadwal biar bisa mampir ke meetup kita. HAPPY WAZING!
ci2212
Waze Global Champs
Waze Global Champs
Posts: 1397
Has thanked: 189 times
Been thanked: 342 times
Send a message

Waze GC: INDONESIA

Post by ci2212
Today is the Day... Monggo hadir di Yogyakarta dan mari kita mengikat lebih erat tali silahturahmi Wazer Indonesia. Happy Wazing.
ci2212
Waze Global Champs
Waze Global Champs
Posts: 1397
Has thanked: 189 times
Been thanked: 342 times
Send a message

Waze GC: INDONESIA

Post by ci2212
Dear Wazers,

Meetup kedua telah berhasil dilakukan dengan sukses. Kedatangan para wazer dari berbagai kota dengan antusias tinggi sungguh membuat meetup ini berlangsung relaks, fun tetapi juga fokus dan intens, serasa ketemu sobat yang telah lama tidak bertemu. Bahkan Wazer HS-168 yang datang dari Surabaya bela-belain melakukan pre-meetup di hari sebelumnya dengan para wazer di Yogjakarta :D

http://i1078.photobucket.com/albums/w48 ... 83df83.jpg

Pada meetup ini, pembahasan dimulai dengan sekilas cerita pengalaman saya mengunjungi Official Waze Meetup di Filipina, bagaimana keadaan komunitas di negara-negara tetangga dan sharing ilmu baru, kemudian review versi Waze app terbaru saat ini, v.3.8, dan topik paling seru tentunya dengan pembahasan editing, tips and tricks, dan peraturan baru apa saja yang bisa dilakukan/diterapkan dalam editing peta Indonesia. Tanpa terasa, Meetup ini berlangsung dari jam 14:00 s/d 23:00 alias 9 jam. Ah, seandainya tidak ingat besok harus balik ke kota masing-masing, mungkin akan dilanjutkan terus sambil menonton World Cup... :lol: Terimakasih pada para sobat yang hadir: elcitia, hardian_n, heruya, hs-168, dan maderioo. Special thanks untuk maderioo, yang telah berinisiatif mencarikan tempat meetup yang ciamik di It's Coffee, Jogja Paradise, Sleman, DIY Yogyakarta, serta Waze HQ yang mendukung acara ini.

http://i1078.photobucket.com/albums/w48 ... 64399e.jpg

http://i1078.photobucket.com/albums/w48 ... cd11e2.jpg

http://i1078.photobucket.com/albums/w48 ... 95bd9f.jpg

Berikut adalah beberapa poin dari meetup kedua Komunitas Waze Indonesia:
* Komunitas Wazer Indonesia tidak hanya sekedar perkumpulan orang-orang yang gila dengan peta :D tapi juga adalah manusia sosial yang berhati besar dalam membantu sesama dan berkarakter positif.
** Komunitas kita masih perlu meningkatkan kemampuan editor dan menyadari bahwa jumlah editor yang aktif harus diperbanyak dan dibangun dengan beberapa acara yang bersifat inward dan outward dalam membangun peta Indonesia.
*** Komunitas kita adalah salah satu komunitas dunia yang diperhitungkan kiprah dan pencapaiannya oleh Waze HQ.

Beberapa Ketentuan dan Acara yang diterapkan sesuai konvensi meetup kedua ini:

WAZE CLIENT APP
* V.3.8 ini banyak menuai kritik karena masih ada bugs dan error yang muncul. Usahakan jangan mengganti username anda karena dapat beresiko mengganggu jejak rekam anda di WME.
** Untuk sementara waktu, sangat baik jika Anda mengaktifkan debug mode untuk dapat melakukan pengiriman log (laporan) kepada Waze. Berikan laporan pada Champs, info log tersebut dengan menyantumkan username, OS gadget, waktu dikirim, apa berita kerusakannya. Lihat wiki berikut untuk mengetahui cara mengakftifkan debug mode.

WAZE MAP EDITOR
* Melakukan acara Map Raid, suatu kegiatan editing untuk boost up pemetaan suatu wilayah dalam waktu cepat.
----> Peserta Raid akan dipilih oleh Champs, terdiri dari min 3 editor berlevel 3 ke atas, dan 3 editor lokal daerah tersebut. Lokal editor adalah peran krusial karena berperan sebagai sweeper jalan-jalan yang dibangun.
----> Daerah yang akan "diserbu" mempunyai imagery, data dan referensi peta yang baik. Semua peserta Map Raid akan berbagi sumber data tersebut.
----> Kandidat daerah yang dipilih untuk Map Raid perdana adalah: Makassar, Medan, Semarang
** Memperbaiki boundaries dan polygon kota-kota di Indonesia dengan menggunakan Place Area>River/stream sebagai alat pembatasan sementara sebuah kabupaten/kota/kecamatan. Gunakanscript Street to River Plus untuk memudahkan anda. Lock boundary yang sudah terbentuk di level 5. Kalau semua jalan di kota itu sudah lengkap tercantum, boundary dapat dihilangkan. Contoh:
http://i1078.photobucket.com/albums/w48 ... d6e144.jpg
*** Menggunakan Place Point > Professional and Public > Goverment untuk mengidentifikasi wilayah Desa. Letakkan pada jalan utama desa tersebut, sehingga pada database sudah diupdate, kita dapat melakukan pencarian navigasi desa tersebut. Kedua cara diatas, Boundaries dengan river, dan Identifikasi letak desa dengan Place Point terinspirasi dari rekan Wazer Malaysia.
**** Menegaskan dan menetapkan kembali penamaan jalan di peta Waze Indonesia adalah bebas dari prefiks apapun dan hanya memakai prefiks kata "jalan" pada kondisi tertentu. Kondisi tersebut adalah jika nama jalan adalah:
----> nama sebuah kota atau daerah, contoh: Surabaya, Denpasar, Balikpapan = Jalan Surabaya, Jalan Denpasar, Jalan Balikpapan.
----> nama sebuah kekayaan alam, seperti danau, laut, gunung, selat, dll. Contoh: Danau Batur, Gunung Merapi, Laut Banda = Jalan Danau Batur, Jalan Gunung Merapi, Laut Banda.
----> istilah administrasi wilayah negara, contoh Jalan Kabupaten, Jalan Kecamatan, etc.
----> Prefiks tidak lagi digunakan jika ada turunan dari nama jalan tersebut, contoh: Denpasar 1, Denpasar 2, Denpasar 3, etc = tidak perlu memakai prefiks "Jalan".
----> Penamaan ini diterapkan untuk memudahkan user mencari/membedakan suatu jalan dengan suatu wilayah sehingga meminimalkan resiko salah memilih tujuan navigasi.

KOMUNITAS WAZE INDONESIA
* Menegaskan bahwa Komunitas Indonesia adalah komunitas yang pintunya terbuka dan welcoming kepada siapa saja yang ingin bergabung. Kita adalah komunitas yang dinamis tetapi pada sisi lain juga memiliki ketegasan dalam mengikuti peraturan yang telah ditetapkan bersama.
** Menggalakkan program Mentoring.
*** Mengangkat beberapa wazer untuk mengambil peran Champs dan Country Manager.
**** Menyelenggarakan Kontes Desain Logo dan Banner Digital Resmi Komunitas Wazer Indonesia. Pemenang akan mendapat hadiah langsung dari Waze HQ. Format desain akan segera ditetapkan. ;)
***** Melakukan Meetup 2 kali setahun, dengan pembagian 1 kali meetup nasional dan 1 kali meetup lokal. Meetup Nasional akan didukung oleh Waze, sedangkan meetup lokal akan didukung oleh Komunitas sendiri.

Sekian laporan hasil Meetup Indonesia yang kedua ini. Monggo ditambahkan hal lainnya jika ada yang tertinggal. Pada dasarnya, para peserta meetup sangat puas akan hasil yang telah diciptakan (ada yang sampai rumah langsung dicoba usulan boundary) dan sangat antusias dalam membuat acara meetup yang lebih besar dan lebih baik lagi. HAPPY WAZING!
ci2212
Waze Global Champs
Waze Global Champs
Posts: 1397
Has thanked: 189 times
Been thanked: 342 times
Send a message

Waze GC: INDONESIA

Post by ci2212
Halo wazer saphirrez, salam kenal. Anda domisili dimana? Anda bisa melihat wazer senior (Champs) yang mempunyai tanggungjawab regional di daerah anda di topik ini: viewtopic.php?f=154&t=75628#p824606 Meeting fisik, alias kopdar belum ada jadwal lagi. Bro saphirrez bisa melihat2 dahulu dari sumber-sumber penting seperti:
1. Waze Wiki Indonesia
2. Waze Wiki tentang Map Editor
3. Presentasi WME 101
4. Video Youtube How To Edit the Waze Map
5. Topik-topik di forum ini.

Saya yakin kalau anda sudah melihat dan membaca kelima items di atas, anda akan dapat menjadi editor yang handal. It will take time of course, so feel free to contact any of the Champs or anyone you think you can trust. Have Fun and Happy Wazing! :D
ci2212
Waze Global Champs
Waze Global Champs
Posts: 1397
Has thanked: 189 times
Been thanked: 342 times
Send a message

Waze GC: INDONESIA

Post by elcitia
Semoga bisa melarikan diri dari tugas dan pekerjaan hehehe
elcitia
Waze Local Champs
Waze Local Champs
Posts: 397
Has thanked: 18 times
Been thanked: 58 times
Send a message

Indonesia Local Champ
https://t.me/agpamungkas

Post by elcitia
Bisa saja, tinggal di jadwal kan, semoga bisa datang setelah meetup Jogja.
elcitia
Waze Local Champs
Waze Local Champs
Posts: 397
Has thanked: 18 times
Been thanked: 58 times
Send a message

Indonesia Local Champ
https://t.me/agpamungkas